Tradisi Khas Tuban "EWOH" atau Punya Gawe Februari 22, 2017


Tradisi Khas Tuban "EWOH" atau Punya Gawe
Kabupaten Tuban yang kita cintai, yang juga disebut Bumi Wali karena banyakya makam para Auliya Allah di daerah yang sudah berusia 723 pada tahun 2017 ini, selain ragam budaya dan seni tentu tak ketinggalan dengan kata satu ini yaitu "EWOH", kata ewoh aslinya bermakna SUSAH/RIBET dalam bahasa Indonesia namun sudah kaprah disebut bahwa kata EWOH itu bermakana punya gawe, diantaranya resepesi pernikahan (mantu), khitananan (nyunat), akekohan, tingkeban dan sebagainya, biasa kita jumpai bagaimana proses atau jalanya orang yang sedang EWOH atau punya gawe, pasti banyak menguras pikiran, tenaga, dan juga harta itu demi merayakan apa yang menjadi cita - cita orang tua tatkala akan EWOH atau punya gawe. 

Selain itu juga melibatkan panitia guna terselenggaranya acara EWOH atau sering disebut pendarat, yang terjalin antar tetangga, sanak famili dan saudara terdekat. EWOH dilaksanakan minimal kalo di perdesaan selama kurang lebih 3 hari 3 malam bahkan ada yang lebih.
Nhah dengan demikian EWOH yang punya arti SUSAH/RIBET kalo di Kabupaten Tuban tidak terasa karena menjadi makna Punya Gawe dan dibantu para pendarat guna menyelenggarakan suka cita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar