Siraman Waranggono Tuban Tahun 2017

kaktowo.com Saya bangga menjadi warga asli Kabupaten Tuban Jawa Timur, yaitu kabupaten yang berada dikawasan pantai utara jawa timur. Tuban berada disebelah barat kabupaten lmongan sebelah timur kabupaten rembanng jawa tengah sebelah utara kabupaten bojonegoro. Tuban dengan sejuta keseian dan budayanya yang sudah diakaui oleh nasional bahkan international salah satunya adalah seni tayub.

Tayub atau langen tayub orang tuban bilang sindir, seni tari daerah yang biasanya dipentaskan oleh beberapa waranggono (penarinya sekaligus vokal)/sindir, pramugari (pembawa acaranya) dan satu set karawitan. Seirng tampil diacara-acara hajatan misalnya syukuran, sedekah bumi, serta acara resepsi dan lain-lain. Semua pihak yang meragakan seni tayub berbusana jawa, pramugari pakai PKJ jawa timuran demikian juga pengrawitnya.

Sudah menjadi agenda rutin oleh seniman-seniwati tayub tuban, jamas suci atau siraman sebagai pertanda membersihkan diri dari berbagai hal yang buruk dalam mengabdikan diri pada bidang seni. Hanya kepada Allah SWT doa dihaturkan oleh pramugari atau pranatacara langen tayub tuban sering disebut pramugari.

Sekilas dari teman saya selaku pramugari/pembawa acara dalam acara siraman waranggono, sebut saja mas Aji Waseso mengatakan bahwa dalam acara tersebut semua peserta di kirab mulai dari gapuro pemandian bektiharjo sampai ke sendang yang penuh dengan taburan bunga setaman dan bercampur dengan 9 mata air yang diikuti oleh 85 waranggono, 65 pramugari dan 47 pengrawit se kabupaten tuban. Dilanjutkan membasuh muka satu persatu hingga selesai.

Tepat pada hari rabu 01 November 2017 dan sudah ditetapkan sebagai hari siraman waranggono tuban. Mulai pukul 08.00 - 12.00 di pemandian Bektiharjo Semanding Tuban acara dihelatkan dan dihadiri oleh wakil bupati Tuban, dinas perekonomian dan pariwisata tuban serta para penggiat seni yang ada di bumi wali ini.

Bagi bapak/ibu saudara/i saya kira sudah tidak asing lagi kan dengan nama waranggono ini, wantikah, mirah, barsih, yahya, mindarwati, pipit, karnitai dll. Yang kemarin peringatan agustusan juga banyak panitia yang naggap pagelaran langen tayub semalam suntuk bukan??.

Demikian sekilas info.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar